Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) SDIT Al-Fityan School Gowa tahun 2024 diselenggarakan pada tanggal 1 Oktober -14 Oktober 2024 di SDIT AL-Fityan Gowa.
P5 Kurikulum Merdeka merupakan singkatan dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Sesuai namanya, projek ini bertujuan mewujudkan profil karakter Pelajar Pancasila yang mengajarkan siswa untuk memiliki sikap berdasarkan nilai-nilai luhur Pancasila.
Kegiatan ini merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek, yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL).
Kegiatan P5 ini mengusung tema Gaya Hidup berkelanjutan, dengan Topik Sampahku Kreativitasku
yang bertujuan untuk mengembangkan karakter dan kompetensi pelajar sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Tema Gaya Hidup Berkelanjutan dalam P5 mengarahkan siswa untuk lebih sadar tentang pentingnya menjaga keseimbangan antara kebutuhan manusia dan keberlanjutan alam, sehingga mereka dapat berkontribusi positif dalam menjaga lingkungan hidup.
Topik Sampahku Kreativitasku fokus pada upaya mengurangi, menggunakan kembali (reuse), dan mendaur ulang (recycle) sampah. Berikut tujuan yang ingin dicapai melalui topik ini:
- Kesadaran Lingkungan
Siswa diajak untuk lebih peduli terhadap dampak negatif sampah terhadap lingkungan. Mereka akan mempelajari bagaimana pengelolaan sampah yang tepat dapat membantu mengurangi polusi dan menjaga keseimbangan ekosistem. - Kreativitas dalam Pengelolaan Sampah
Melalui topik ini, siswa diberi kesempatan untuk berkreasi menggunakan sampah atau bahan bekas, seperti membuat kerajinan tangan, alat bantu belajar, atau produk lain yang bermanfaat. Ini mengajarkan bahwa sampah tidak selalu harus dibuang, tetapi dapat diolah menjadi barang yang bernilai. - Penerapan Nilai-Nilai Gotong Royong dan Kepedulian Sosial
Proyek ini mendorong siswa untuk bekerja sama dalam kelompok, saling membantu dalam proses pembuatan karya dari sampah. Hal ini memperkuat semangat gotong royong dan rasa peduli terhadap masalah sosial yang muncul akibat penumpukan sampah. - Kemandirian dan Tanggung Jawab
Siswa dilatih untuk bertanggung jawab terhadap sampah yang mereka hasilkan dan mencari solusi untuk menguranginya. Mereka juga belajar untuk mandiri dalam mengelola sampah dan menemukan cara untuk memanfaatkannya dengan cara yang lebih kreatif dan ramah lingkungan. - Pengetahuan tentang Daur Ulang
Siswa akan memahami proses daur ulang dan bagaimana praktik ini dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari. Mereka akan mengenali jenis-jenis sampah yang dapat didaur ulang dan bagaimana cara mengelolanya dengan benar. - Pembentukan Sikap Hidup Berkelanjutan
Dengan mengikuti proyek ini, siswa diharapkan bisa menerapkan gaya hidup berkelanjutan dalam kesehariannya, seperti mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, menggunakan barang-barang daur ulang, dan mendukung program-program lingkungan di sekolah maupun di komunitas.
Dengan menggabungkan kreativitas dan kepedulian lingkungan, topik ini mendukung terciptanya generasi yang tidak hanya cerdas, tetapi juga memiliki tanggung jawab sosial dan ekologi yang tinggi.