KEGIATAN SURVEI LINGKUNGAN BELAJAR SMAIT AL FITYAN SCHOOL GOWA TAHUN PELAJARAN 2022-2023

SMA Islam Terpadu Al Fityan School Gowa mengadakan Survei Lingkungan Belajar pada hari Selasa, 2 Agustus 2022  yang bertempat di Laboratorium Komputer SMAIT Al-Fityan School Gowa. Kegaiatan ini diikuti oleh  Tenaga Pendidik (Guru). Salah satu instrumen dalam Asesmen Nasional tahun 2021 yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (kemdikbudristek) adalah Survei Lingkungan Belajar oleh Kepala Sekolah dan Guru secara online. Asesmen Nasional dilaksanakan dengan 3 (tiga) instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar. Survei Lingkungan Belajar mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan. Jadwal pelaksanaan dari kegiatan Survei Lingkungan Belajar sesuai dengan jadwal pelaksanaan Asesmen Nasional disetiap jenjang pendidikan. Survei Lingkungan Belajar bertujuan mengetahui gambaran berbagai aspek yang terkait dengan lingkungan belajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan, sehingga hasil asesmen nasional secara komprehensif memberikan profil satuan pendidikan dari input – proses – output. Setiap respon yang peserta (kepala sekolah & guru) berikan diharapkan dapat mencerminkan kondisi satuan pendidikan sesungguhnya dan menjadi informasi reflektif. Oleh karena itu, kejujuran, keaktifan serta kelengkapan dalam pengisian survei lingkungan belajar menjadi kunci kualitas informasi yang akan diterima oleh satuan pendidikan.

SMAIT Terdepan

Survei lingkungan belajar (SLB) merupakan formulir yang wajib diisi oleh seluruh kepala satuan pendidikan dan guru yang terdaftar pada sistem pendataan Dapodik dan Emis. Survei ini bertujuan memotret berbagai aspek yang terkait dengan lingkungan belajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan. Survei lingkungan belajar bertujuan untuk mengetahui serta mengukur faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran, baik faktor secara langsung maupun tidak langsung. Faktor secara langsung misalnya metode guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dalam kelas, sedangkan secara tidak langsung misalnya bagaimana kepemimpinan Kepala Satuan Pendidikan, aspek keaamanan di sekolah, dan kebhinekaan. Adapun beberapa aspek yang terdapat dalam surveilingkungan belajar, yaitu iklim keamanan sekolah, kebhinekaan sekolah, sosial ekonomi, kondisi serta kualitas dalam pembelajaran, dan pengembangan tenaga pendidik (guru). Untuk mengakses info lebih lanjut terkait pendafataran dan biaya masuk silahkan klik disini www.fityangowa.sch.id

9 thoughts on “KEGIATAN SURVEI LINGKUNGAN BELAJAR SMAIT AL FITYAN SCHOOL GOWA TAHUN PELAJARAN 2022-2023”

  1. Pingback: MACCA ENGLISH OLYMPICS 2022 – SMAIT Al-Fityan School Gowa

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *