Siap implementasikan Kurikulum merdeka, SMAIT Al-Fityan School Gowa bekali guru melalui workhsop asesmen dan pembelajaran berdiferensiasi

SMA Islam Terpadu Al-Fityan School Gowa melaksanakan workshop Asesmen pembelajaran berdiferensiasi pada kurikulum merdeka  pada hari jum’at tanggal 16 Juni 2023  mulai pukul 08.00-15.30. Peserta guru yang mengikuti kegiatan workshop sebanyak 12 orang, pematerinya adalah Bapak Suparmin, S. Pd. Para peserta sangat antusias mengikuti materi.

SMAIT Terdepan

Pembelajaran berdiferensiasi  adalah suatu pendekatan sistematis untuk merancang kurikulum dan  instruksi pembelajaran bagi siswa yang memiliki ragam kemampuan, minat serta kebutuhan belajarnya. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan serangkaian keputusan masuk akal/commonsense yang dibuat oleh guru yang berorientasi kepada kebutuhan murid. Artinya, keputusan yang diambil dalam pembelajaran berdiferensiasi haruslah berakar pada pemenuhan kebutuhan belajar murid dan bagaimana guru merespon kebutuhan belajar tersebut.

 

Pembelajaran berdiferensiasi memungkinkan guru untuk melihat pembelajaran dari berbagai perspektif.  Di dalam prosesnya, mengharuskan pendidik untuk mencurahkan perhatian penuh kepada siswa agar dapat memutuskan, memberikan tindakan apa yang paling tepat untuk memenuhi kebutuhan siswa, melalui proses siklus mencari tahu tentang siswa dan merespons belajarnya berdasarkan perbedaan. Ketika guru terus belajar tentang keberagaman siswanya, maka pembelajaran yang profesional, efisien, dan efektif akan terwujud.

 

Pembelajaran berdiferensiasi dapat memenuhi kebutuhan belajar murid dan pada akhirnya dapat membantu murid mencapai hasil belajar yang optimal. Bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Karena dalam Pembelajaran berdiferensiasi murid menempati posisi sentral dalam proses belajar mengajar. Di dalam konteks Pembelajaran berdiferensiasi, murid sebagai pihak yang perlu mendapat perhatian sehingga pembelajaran dapat memiliki makna atau berarti. Artinya dalam proses pembelajaran yang harus diperhatikan pertama kali adalah murid, bagaimana keadaan dan kemampuannya, baru setelah itu menentukan komponen-komponen yang lain. Bahan seperti apa yang diperlukan, bagaimana cara yang tepat untuk bertindak, alat dan fasilitas apa yang cocok dan mendukung, semua itu harus disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. Keputusan strategi pembelajaran yang diambil betul-betul berakar dari pemenuhan kebutuhan belajar murid. Untuk mendapatkan berbagai informasi terbaru kami silahkan follow atau invite akun media sosail kami (facebook, twitter, instagram, tiktok, google bisnisku) dengan kata kunci Al Fityan School Gowa atau melalui website resmi kami di https://.fityangowa.sch.id

 

 

 

Info PPDB

☎️SMPIT : 082189110066

☎️SMAIT : 085242487503

🌐www.fityangowa.sch.id/ppdb

 

Jangan lewatkan info-info SMAIT Al-Fityan School Gowa

ℹ️ig : @alfityangowa

⏬fb : Al-Fityan School Gowa

▶️Youtube : AlFityanSchoolGowa

⏏️Twitter : alfityanschoolgowa

⬆️Tiktok : alfityanschoolgowa

.

.

.

.

#sekolahunggul #sekolahislam #sekolahislamterpadu #sekolahterbaik #sekolahberprestasi #sekolahtahfidz #sekolahmodern #sekolahhits #sma #sekolahmenengah #sekolahnesia #pelajar #siswa #sekolah

1 thought on “Siap implementasikan Kurikulum merdeka, SMAIT Al-Fityan School Gowa bekali guru melalui workhsop asesmen dan pembelajaran berdiferensiasi”

  1. Luar biasa. Semoga dengan terus berproses akan semakin menambah semangat dan pemahaman kita bersama dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *