Pendidikan

SMAIT AL-FITYAN SCHOOL GOWA

Program Kesiswaan SMAIT Al-Fityan School Gowa

A. PEMBINAAN BIDANG UNGGULAN

  1. BIDANG UNGGULAN

Bidang unggulan yang diwadahi terkhusus pada bidang akademik sebagai berikut:

  1. Unggulan Matematika
  2. Unggulan Fisika
  3. Unggulan Kimia
  4. Unggulan Biologi
  5. Unggulan KIR
  6. Unggulan Bahasa Arab
  7. Unggulan Bahasa Inggris
  8. Unggulan Tahfiz (Takhassus)

 

  1. TAHAPAN PROGRAM
  2. Perencanaan Program

Agar program dapat mencapai tujuan yang diharapkan maka perlu dilakukan perencanaan yang baik. Adapun perencanaan yang dilakukan adalah :

  1. Evaluasi pembimbingan unggulan

Evaluasi merupakan tahapan penting yang harus dilakukan sebagai landasan utama dalam melakukan perbaikan-perbaikan program agar mencapai sasaran yang diinginkan. Dari hasil evaluasi tersebut, kemudian muncul inovasi program

  1. Perumusan program

Perumusan program didasari dari hasil evaluasi kemudian disandingkan dengan target yang ingin dicapai. Dari hasil perumusan tersebut disusun beberapa hal sebagai berikut :

  • Program akselerasi pembelajaran
  • Program pembimbingan reguler
  • Menyusun alokasi waktu, prota, prosem, KBM, Silabus
  • Evaluasi program
  • Bentuk apresiasi
  1. Perekrutan tentor

Perkerutan tentor melalui mekanisme yang ketat untuk merekrut tentor-tentor berkualitas, karena tentor tersebut merupakan indikator utama kesuksesan program tersebut.

  1. Penyusunan kurikulum

Kurikulum khusus untuk program unggulan merupakan factor penentu agar peserta didik unggulan dapat berfokus pada bidang unggulannya masing-masing. Sehingga untuk setiap guru dibebankan Kembali menyusun kurikulum akselerasi dimana pada setiap mapel diharuskan menuntaskan materinya dalam 1 bulan. Begitu juga tentor akan menyusun kurikulum pembimbingan reguler.

  1. Pengesahan program

Pengesahan program melalui proses presentasi pada level yayasan untuk meminta dukungan dan persetujuan program. Setelah itu disahkan oleh para pemangku kepentingan

  1. Sosialisasi

Sasaran sosialisasi adalah seluruh peserta didik dan orangtua agar paham terkait tujuan dari program unggulan dan seluruh tahapan-tahapannya. Sosialisasi ini juga diharapkan mengundang minat peserta didik untuk mengikuti seleksi program dan kepada orang tua diharapkan dukungan pada program tersebut.

  1. Seleksi

Seleksi akan dilakukan pada pekan awal tahun ajaran baru untuk menyaring peserta didik berbakat berdasarkan instrumen tertentu yang berpedoman pada buku pedoman pembinaan peserta didik berbakat

  1. Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan belajar peserta didik unggulan membutuhkan kemandirian peserta didik yang bersangkutan karena kegiatan pembelajaran akselerasi dan pembimbingan reguler memiliki kepadatan jumlah pertemuan yang tidak setiap saat dapat terdampingi.

  1. Monitoring dan Evaluasi

Mengukur keberhasilan program melalui monitoring dan evaluasi adalah indikator yang paling penting. Agar program berjalan dengan efektif kegiatan peserta didik akan dimonitoring secara rutin dan dilakukan evaluasi pertriwulan baik evaluasi program maupun evaluasi peserta didik berdasar pada ketentuan evaluasi yang telah disusun.

  1. RINCIAN PROGRAM

Bentuk pembelajaran yang diikuti oleh peserta didik unggulan adalah Program akselerasi merupakan salah satu strategi dalam rangka memberikan ruang kepada peserta didik untuk lebih fokus mengikuti pembelajaran pada bidang unggulan sesuai bakat masing-masing.

Program akselerasi sendiri adalah sistem percepatan pembelajaran pada beberapa mata pelajaran yang dipersyaratkan pada peserta didik berprestasi. Untuk lebih meringkankan beban belajar peserta didik maka mereka tidak akan dibelajarkan lagi pada beberapa bidang studi. Peserta didik hanya dibelajarkan pada bidang studi tertentu yang dikhususkan pada KD-KD Esensialnya.

Program pembelajaran akselerasi hanya berlaku untuk unggulan Matematika, Fisika, Kimia, Biologi dan KIR.

B. PROGRAM EKSKUL