
Pendidikan
SMPIT AL-FITYAN SCHOOL GOWA
Kurikulum SMPIT Al-Fityan School Gowa
Visi
Mewujudkan generasi islami yang unggul dan berkarakter melalui pembelajaran berbasis digital dalam menghadapi perkembangan zaman
Misi
Adapun misi sekolah dengan adanya perubahan visi dari tahun sebelumnya adalah sebagai berikut:
Membina peserta didik menjadi generasi shaleh.
Mempersiapkan peserta didik yang memiliki keseimbangan dzikir, fikir, dan amal shaleh.
Mempersiapkan peserta didik yang memiliki ilmu pengetahuan kontemporer, menguasai teknologi serta mampu bersaing dalam kompetisi pada bidang akademik dan non akademik di tingkat nasional maupun internasional
Menyelenggarakan pendidikan yang dapat mengembangkan bakat pribadi yang inovatif, kreatif, komunikatif, mandiri, dan memiliki jiwa kepemimpinan.
Membiasakan peserta didik berbahasa asing.
Menyelenggarakan budaya literasi.
Membudayakan kebersihan, lingkungan asri, dan hidup sehat.
Menyelenggarkan pembelajaran berbasis Learning Management System (LMS) Afdal (Al-Fityan Digital Learning).
Tujuan
Mengacu pada visi dan misi sekolah serta tujuan umum pendidikan dasar, tujuan sekolah dalam mengembangkan pendidikan ini adalah sebagai berikut ini :
1. Jangka Pendek
Tujuan jangka pendek yang menjadi harapan SMPIT Al-Fityan adalah sebagai berikut:
Peserta didik mampu membaca dan mengahafal Al-Quran minimal 2 juz.
Peserta didik dapat mengaplikasikan nilai Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.
Peserta didik mampu menerapkan nilai luhur yaitu amanah, keteladanan, transparansi, kelembagaan dan inovasi.
Menciptakan peserta didik yang mampu bernalar kritis dalam pelaksanaan kegiatan berbasis proyek yang mnegedepankan jiwa kegotong-royongan.
Peserta didik terbiasa hidup sehat dan bersih.
Jangka Panjang
Adapun tujuan jangka panjang SMPIT Al-Fityan diantaranya adalah:
Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan, keterampilan dan pola pikir posistif
Mendidik kepribadian peserta didik secara seimbang dan terintegrasi.
Membangun sistem pendidikan yang mendukung peningkatan capaian peserta didik.
Meningkatkan keahlian peserta didik sebagai bekal memasuki dunia kerja.
Meningkatkan implementasi kurikulum untuk merealisasikan tujuan pendidikan.
Meningkatkan pembelajaran Bahasa Arab.
Mengokohkan hubungan dengan sejarah dan budaya Islam.
Memperkuat kemitraan dengan masyarakat guna meningkatkan perkebangan pendidikan.
Meningkatkan ilmu pengetahuan yang mampu bersaing sesuai perkembangan zaman dengan melaksanakan pembelajaran berbasis e-learning.

Kurikulum Terpadu
Sekolah Islam Terpadu Al-Fityan School Gowa adalah sekolah yang memadukan pendidikan umum dari dinas pendidikan dan pendidikan agama menjadi satu jalinan kurikulum dengan pendekatan semua mata pelajaran dan semua kegiatan sekolah tidak lepas dari bingkai ajaran dan pesan nilai islam berlandaskan Al-Qur’an dan As Sunnah
Lulusan Sekolah Islam
Setiap lulusan satuan pendidikan dasar dan menengah diharapkan memiliki kompetensi pada tiga dimensi yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Dengan semangat teliti, telaten, teladan, tangguh, SMPIT Al-Fityan sebagai sekolah pencetak sumber daya manusia unggul, perlu dibuat kreteria kelulusan. SMPIT Al-Fityan mempunyai kriteria kelulusan bagi peseta didik yaitu:
Menyelesaikan seluruh program pembelajaran.
Lulus Ujian Sekolah: Peserta Ujian Sekolah SMPIT Al-Fityan dinyatakan lulus apabila nilai minimum setiap mata pelajaran Ujian Sekolah adalah 75.
Lulus Ujian Praktik: Peserta Ujian Praktek SMPIT Al-Fityan dinyatakan lulus, apabila memiliki nilai minimum 75 untuk setiap mata pelajaran yang diujikan.
Nilai kepribadian dan akhlak mulia minimum Baik (B).
Kehadiran minimal 85 % dari jumlah hari efektif, kecuali ada surat dispensasi atau sejenisnya yang bisa dipertanggungjawabkan.
Ditetapkan dalam rapat pleno dewan guru dan Kepala Sekolah.
Pembelajaran
Pembelajaran berorientasi pada:
Tahfidz Qur’an
Program tahfidz di SMPIT Al-Fityan School Gowa dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang Al-Quran serta membantu siswa membaca dan menghafalnya dengan efektif. Program tahfidz ini terbagi menjadi dua, yakni tahfidz regular dan tahfidz khusus.
Blended Learning
Pembelajaran blended learning memberikan metode belajar baru yang menggabungkan strategi pembelajaran tatap muka di ruang kelas dan pembelajaran dengan metode pembelajaran secara daring (e-learning) atau dimana saja. Penerapan pembelajaran campuran merupakan pembelajaran inovatif untuk meningkatkan keberhasilan peserta didik dalam pelatihan.
Salah satu platform e-learning di SMPIT Al-Fityan School Gowa yakni platform LMS-AFDAL (Learning Management System, Al-Fityan Digital Learning). Learning Management Platform secara umum adalah perangkat lunak yang dirancang untuk membuat, mendistribusikan, dan mengatur penyampaian materi pembelajaran. LMS AFDAL merupakan platform yang .memudahkan pendidik dalam menyampaikan materi kepada peserta didik dengan lebih interaktif.
Selain LMS tentunya berbagai sumber pembelajaran berbasis digitalisasi digunakan dalam pembelajaran, seperti laboratorium virtual dan aplikasi pembelajaran interaktf lainnya.
STEAM
Pendekatan pembelajaran interdisiplin yang memadukan antara pengetahuan (science), teknologi (technology), teknik (engineering), seni (art), dan matematika (mathematics). Pembelajaran ini mendorong peserta didik untuk dapat berpikir lebih luas mengenai permasalahan yang terjadi di kehidupan nyata. Itulah mengapa, pembelajaran STEAM dianggap sebagai model pembelajaran yang paling cocok untuk pembelajaran abad 21
Penguatan rukhiyah
Melalui kegiatan mentoring peserta didik dapat memperkuat ruhiyah yakni penguatan akidah, ibadah dan akhlak mereka.
Outing Class
Outing class bisa menjadi cara yang efektif dan menyenangkan untuk membangun kesadaran serta kepedulian siswa terhadap lingkungannya. Dengan begitu, mereka akan memiliki wawasan yang lebih luas serta rasa bangga maupun ,
Proyek