SMP Unggulan Al-Fityan School Gowa adakan Malam Bina Iman dan Taqwa untuk level Kelas IX.

Sekolah unggulan Al-Fityan School Gowa kegiatan Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT) Level 9 SMPIT Al-Fityan School Gowa 2022. Kegiatan ini terlaksana pada hari Jum’at dan Sabtu, tanggal 16-17 September 2022. Dari pukul 17.00-08.00 WITA. Kegiatan ini berlangsung di Sekolah Al-Fityan School Gowa (Jl.Pallantikang, Sungguminasa Kab. Gowa Sulsel).

Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT) merupakan kegiatan pembinaan iman dan ketaqwaan peserta didik SMP Islam Al-Fityan School Gowa kepada Allah swt. Bahwa sejatinya seorang hamba, kita harus senantiasa menyerahkan segala persoalan hidup kita hanya kepada Allah swt. termasuk hidup dan mati seorang hamba tersebut. Jika kita mengaku sebagai hamba Allah swt. maka seharusnya kita tidak perlu mengkhawatirkan kehidupan yang sedang kita jalani. Karna Allah swt. telah menjamin seluruh kebutuhan hambanya. Hal ini, seharusnya menjadi hujjah yang kuat bagi seorang hamba agar tidak pernah berputus asa dalam menjalani hidup di dunia ini. Dengan kekuatan Iman dan Taqwa, maka Allah senantiasa meudahkan urusan hambanya. Maka perkuatlah Iman dan ketaqwaan kita kepada Allah swt.

Kegiatan Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT) dilaksanakan setiap semester. Namun bagi kelas 9 sendiri, kegiatan ini baru pertama kali diikuti karna kegiatan ini sempat tidak terlaksana selama beberapa tahun dikarenakan pandemic covid-19 yang ada sejak 2019-sekarang. Namun, melihat kondisi pandemic covid-19 sudah mulai membaik. Maka pihak sekolah telah memberanikan melaksanakan kegiatan tatap muka langsung, termasuk Kegiatan Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT).

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh peserta didik SMP unggulan  level 9 baik ikhwan maupun akhwat. Dan juga beberapa peserta didik level 7 dan 8 dikarenakan berhalangan hadir saat pelaksanaan MABIT pada levelnya, maka diwajibkan ikut MABIT pada level 9. Adapun total peserta, yaitu 183 orang (9A 31 orang, 9B 30 orang, 9C 30 orang, 9D 30 orang, 9E 30 orang, Level 7 dan 8 32 orang).

SMP Islami

Dalam kegiatan ini peserta ikhwan dan akhwat dipisahkan, untuk ihkwan di Masjid Al-Fitya School Gowa dan untuk akhwat di Aula lat. 5 gedung akhwat. Kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh kesiswaan SMP terbaik di Kabupaten Gowa Al-Fityan School Gowa . dalam hal ini Ustadz Amirullah, S.Pd di Ikhwan dan Ustadza Rahmayani, S.Pd. di Akhwat. Dalam sambutannya kesiswaan menyampaikan kepada peserta didik bahwa kegiatan MABIT menjadi momentum bagi mereka untuk muhasabah diri, merenungi kembali apa yang telah mereka lakukan selama hidupnya. Interaksi dengan orang tua, guru, teman, bahkan orang lain yang ada di luar sana. Momentum bagi mereka untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah swt. dengan memperbanyak tilawah, shalat lail, dan shalat sunnah lainnya. Tujuan dari kegiatan ini, sebagai pembelajaran muhasabah diri ananda sholih/sholiha mampu menjadi pribadi yang lebih baik lagi, sehingga kedepannya menjadi generasi islam yang tangguh dan pemberani menjalani hidup.

Rangkaian agenda dalam kegiatan ini, yaitu dimulai almatsurah sore dan shalat magrib berjamaah. Ikhwan shalat berjamaah di Masjid Al-Fityan School Gowa, sedangkan akhwat shalat di Aula lt.5 gedung akhwat. Setelah shalat magrib, dilanjutkan dengan tilawah. Setelah tilawah peserta didik makan malam bersama dengan teman dan ustadz/ustadza, ikhwan makan bersama di pelataran masjid sekolah islam Al-Fityan School Gowa, sedangkan akhwat di Lt.1 gedung akhwat. Selanjutnya shalat Isya, kemudian kembali melanjutkan tilawahnya masing-masing. Setelah itu, peserta didik menerima materi Hikmah Iman dan Taqwa. Siswa Ikhwan  menerima materi di Masjid Al fityan dengan narasumber Ustadz Arfah Akbar, S.Pd.I. Adapun untuk akhwat dilaksanakan di aula lantai 5 gedung dengan narasumber Ustadz Arham, S.Pd.I., M.Pd. Setelah peserta didik menerima materi, peserta didik beristirahat sampai pukul 03.00 dini hari. Kemudian mereka dibangunkan untuk mendirikan shalat Tahajjud dan witir. Setelah shalat malam didirikan, peserta didik kemudian melanjutkan tilawahnya sambil menunggu waktu subuh. Lanjut mendirikan shalat subuh berjamaah di masjid untuk ikhwan sementara akhwat di aula lantai 5 gedung akhwat. Setelah shalat subuh berjamaah peserta melaksanakan dzikir pagi dilanjutkan dengan riyadhoh. Setelah itu kegiatan mabit ditutup oleh kepala sekolah SMP islami Al- Fityan School Gowa dalam hal ini, Ustadza Hamriah, S. Si., S. Pd. untuk akhwat dan untuk ikhwan di tutup oleh kesiswaan ikhwan dalam hal ini, Ustadz Amirullah, S. Pd. di Masjid Al- Fityan School Gowa.

Harapan dengan terlaksananya kegiatan ini, menjadi motivasi kepada ananda sholih/sholiha agar senantiasa beriman dan bertaqwa kepada Allah swt dalam menjalani kehidupan mereka. Bahwa apapun yang terjadi dalam hidup ini, semua harus kita serahkan kepada Allah swt. karna hanya Allah swt. yang mempunyai kendali sepenuhnya terhadap diri dan takdir kita sebagai hamba. Dengan kekuatan Iman dan Taqwa, maka Allah swt. senantiasa meudahkan urusan hambanya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *