Membangun kesadaran siswa SMPIT Al-Fityan dalam menciptakan kenyamanan di lingkungan sekolah

Sekolah Terbaik – Sabtu, (16/9) SMP Islam Terpadu Al-Fityan School Gowa melaksanakan seminar iklim keamanan sekolah dan sosialisasi ANBK dan AKM tahun pelajaran 2023/2024. Kegiatan diikuti oleh siswa-siswi kelas VIII SMPIT Al-Fityan School Gowa dan Pondok Pesantren Al-Fityan Gowa. Kegiatan berlangsung selama sehari mulai pukul 08.00 sampai pukul 12.00 wita. Kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan kesadaran siswa dalam menciptakan kenyamanan di sekolah serta mensosialisasikan hal-hal teknis terkait penyelenggaran ujian ANBK dan AKM tahun pelajaran 2023/2024.

Seminar dan sosialisasi ANBK dan AKM tahun pelajaran 2023/2024 mengusung tema meningkatkan kenyamanan di sekolahku. Tema ini diambil karena pihak sekolah merasa bahwa menciptakan kenyamanan bagi siswa di lingkungan sekolah adalah hal yang sangat penting. Jika siswa merasa nyaman di sekolah maka mereka akan betah dan rindu kembali ke sekolah untuk menuntut ilmu. Secara tidak langsung hal itu juga mampu meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas. Oleh karena itu perlu dibangun kesadaran siswa untuk menciptakan suasana nyaman di sekolah.

Seminar diawali dengan penyampaian materi “bullying” yang dipandu oleh ustadzah Nurhayati, S.Psi. Dalam materinya beliau menyampaikan apa itu bullying atau perundungan dan seperti apa contoh-contoh perilaku perundungan yang sering terjadi di sekolah. Pemateri juga mengedukasi siswa tentang dampak buruk yang dialami oleh orang yang dirundung serta mengajak kepada semua siswa untuk menjauhi perilaku perundungan.\

 

SEKOLAH ISLAM UNGGULAN 

 

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan ustad Arif Djoko Cahyono, S.Sos tentang materi “well-being”. Well-being merupakan istilah yang merujuk pada suatu kondisi dimana individu merasa bahagia, puas, memiliki tingkat stress yang rendah, serta memiliki kualitas hidup secara fisik dan mental yang baik. Dalam pemaparannya, pemateri menjelaskan kepada siswa hal-hal apa saja yang perlu dilakukan agar mereka sejahtera, bahagia, tidak mudah stress dan memiliki kesehatan fisik dan mental yang baik.

Di sesi akhir, Kepala SMPIT Al-Fityan School Gowa Hamriah, S.Si, S.Pd menyampaikan sambutan dan kesimpulan materi yang telah diterima oleh para siswa. Beliau juga sekaligus mensosialisasikan kegiatan ANBK dan AKM tahun pelajaran 2023/2024 kepada para siswa. Beliau meyampaikan hal-hal teknis terkait penyelenggaraan ANBK dan AKM tahun ini serts tak lupa menghimbau kepada para siswa agar mempersiapkan diri secara fisik dan mental dalam menghadapi ujian ANBK dan AKM tahun pelajaran 2023/2024.

Kegiatan diakhiri dengan melakukan sholat dhuhur berjamaah di masjid Al-Fityan. Selanjutnya para siswa pulang ke rumah masing-masing

 

Untuk melihat dan mengakses info lebih lanjut terkait Kegiatan lain di sekolah kami silakan klik www.fityangowa.sch.id.

Hormat Kami,

sekolah unggulansekolah Islami| sekolah Islam unggulan|
#Alfityan #Unggul #Berkarakter Islami #Cinta Al-Qur’an 085255061987

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *