SMP Unggulan Al-Fityan School Gowa selenggarakan ANBK dan AKM

Sekolah UnggulanSMP Islam Terpadu Al-Fityan School Gowa menyelenggarakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) dan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) tahun pelajaran 2023/2024 pada hari senin dan selasa tanggal 18 – 19 September 2023. Kegiatan ANBK dan AKM diikuti oleh peserta didik kelas VIII SMPIT Al-Fityan School Gowa dan Pondok Pesantren Al-Fityan berjumlah total 141 orang. Dari keseluruhan peserta didik, 50 orang terpilih dari pusat untuk mengikuti proses ujian ANBK. Selebihnya mengikuti ujian AKM kelas.

Sebelum pelaksanaan ANBK dan AKM, panitia dan proktor telah melakukan beberapa tahapan persiapan. Tahapan tersebut dimulai dari simulasi yang dilaksanakan pada tanggal 31 Juli 2023. Kemudian dilanjutkan dengan Gladi Bersih pada tanggal 11-12 September 2023. Terakhir tahapan sosialisasi pada tanggal 16 September 2023. Semua tahapan tersebut dilakukan untuk mengecek kesiapan sekolah dalam melaksanakan ANBK baik itu kesiapan server komputer maupun kesiapan peserta didik.

Sekolah Islam Terderkat

Asesmen Nasional bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Asesmen ini dirancang guna menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas pembelajaran, yang akan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Ada tiga instrumen penilaian yang dilakukan pada ANBK yaitu literasi membaca dan matematika (numerasi), survei karakter serta survei lingkungan belajar. Proses ujian berlangsung selama dua hari. Di hari pertama, para peserta ujian mengerjakan penilaian literasi membaca dan survei karakter. Kemudian di hari kedua, mereka mengerjakan penilaian numerasi dan survei lingkungan belajar. Pada saat proses pelaksanaan ujian, peserta ujian dibagi ke dalam 2 sesi. Sesi pertama dimulai jam 07.30 – 09.40 dan sesi kedua dimulai jam 10.40 -12.50.

Pengawas Bina SMPIT Al-Fityan School Gowa menyempatkan diri bekunjung dan memantau proses pelaksanaan ANBK dan AKM kelas. Beliau mengapresiasi sekaligus bersyukur karena pelaksanaan ANBK dapat berjalan dengan lancar tanpa menemui kendala yang berarti. Beliau juga berharap para peserta didik dapat mengerjakan ujian dengan baik dan memperoleh hasil yang maksimal. Setelah pelaksanaan ANBK yang diikuti oleh peserta didik, akan dilaksanakan survei lingkungan belajar (sulingjar) yang diikuti oleh guru dan kepala sekolah. Sulingjar guru dan kepala sekolah masih merupakan rangkaian pelaksanaan ANBK tahun pelajaran 2023/2024 dan akan dilaksanakan mulai tanggal 25 september – 8 oktober 2023.

Untuk melihat dan mengakses info lebih lanjut terkait Kegiatan lain di sekolah kami silakan klik www.fityangowa.sch.id.

Hormat Kami,

sekolah unggulansekolah Islami| sekolah Islam unggulan|
#Alfityan #Unggul #Berkarakter Islami #Cinta Al-Qur’an 085255061987

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *